Life (begin) at 40 ? - MRATODI

What i can share, i share

Sabtu, November 03, 2012

Life (begin) at 40 ?

Assalamualaikum wr wb sohibloggers… 
Piye kabare? So far so good ?

Familiar kan sama  judul postingannya?
Kurang lebih terjemahaannya bebasnya "Hidup dimulai pada usia 40 tahun" (beuhhh…gayanye,padahal ngandelin google translate aje)...Aniwei, biasanya kalimat ditujukan ini bagi para lelaki yang mulai menikmati kehidupan mapannya di usia 40 tahunaan atau bahkan yang sedang mengalami puber ke dua #eh iya ga sih?

Dapet ide nulis topik ini gara-gara beberapa hari yang lalu pas dengerin khutbah Jum’at. Sang Khatib saat itu mengupas tentang makna usia 40 tahun dalam perspektif Islam. Ada yang menarik sekaligus menyentil dalam pembahasan sang khatib. Beliau memaparkan bahwa pada usia 40 tahun telah lewatlah masa muda seorang anak manusia dan mulailah ia memasuki era masa tua…Dan lanjutnya lagi beliau menyampaikan bahwa Hidup di Tentukan pada usia 40 tahun.

Ditentukan? Maksudnya gimana???
Saya tidak akan mencoba mengutip dalil-dalil yang diutarakan sang khatib #saya pun juga agak lupa persisnya, tapi khatib menjelaskan lagi bahwa di usia 40 tahun, seorang manusia akan ditimbang takaran  amal kebaikan dan perbuatan maksiatnya selama usia-usia sebelumnya. Bilamana pada usia 40 tahun lebih berat amal timbangan kebaikannya maka Insya Alloh, dan dengan seizin  Alloh tentunya maka sisa usia seseorang tersebut akan dipenuhi amal kebaikan dan menjadi calon penghuni surga. Akan tetapi sebaliknya bagi mereka yang pada usia 40 tahun lebih berat perbuatan maksiatnya maka celakalah ia bila tidak segera waspada dan mendekat kepada-Nya… Semoga Alloh memberikan hidayah bagi mereka (dan saya).

Saya pun tergelitik untuk melakukan hitung hitungan sederhana terkait pemanfaatan rentang waktu usia yang telah saya jalani..

Rentang  waktu usia efektif dihitung melalui pengurangan usia saat ini dengan usia pertama kali mencapai akil baligh, jadi didapat lah angka 20 tahun sebagai jangka rentang usia efektif saya.  Kemudian sebagai parameter ibadah diambil ibadah yang paling mendasar bagi umat muslim, yakni sholat. Dalam satu kali waktu sholat waktu yang digunakan kurang lebih 10 menit.

Sekarang kita hitung dan konversikan semua dalam menit

Rentang waktu efektif hidup saya 20 tahun = 10.368.000 menit,
Sholat = 10 menit  x 5 = 50 menit/ hari --> 18.000 menit/thn --> 360.000 menit / 20 thn

Mari bandingkan keduanya = 360.000 : 10.368.000 = 3.47%

Artinya dari 20 waktu tahun yang saya jalani hanya 3.47% atau ga lebih dari satu bulan saja yang digunakan untuk beribadah sholat ! Itupun dengan asumsi perhitungan tidak ada yang bolong-bolong sholatnya…

Ya Alloh…padahal waktu usia saya menuju angka 40 kurang dari 10 tahun lagi..sebentar banget…
Ini merupakan sebuah hitung-hitungan yang teramat amat sangat sederhana dan naïf, tapi 
paling tidak memberikan sedikit gambaran bahwa telah banyak waktu terbuang percuma. Belum lagi kalo ada yang berpendapat yang penting bukan Kuantitas tapi Kualitas..

Okey..tulisan ini tidak bermaksud menggurui atau sok bijak, tapi wujud intropeksi dan pembelajaran di sisa usia saya. Apakah betul hidup dimulai pada usia 40? 

Kalo banyak ditemukan kekurangan dan kesalahan disana-sini itu pasti… saya pun masih perlu banyak belajar dari kalian semua sohibloggers…

Semoga Alloh SWT memberikan manfaat terbaik Nya buat usia muda kita dan memberikan kita semua mendapat Jaminan Hari Tua dari Sang Maha Penjamin yang Maha Penyayang.

Wassalamulaikum sohibloggers

sumber gambar : edukasi.kompasiana.com

6 komentar:

  1. Saya juga pernah mendengarkan yang seperti ini om di radio, adapula yang berkata kalau pada usia 21 itu adalah gambaran dimasa depannya. contoh, kalau ketika usia 21 sudah menjadi sukses insyaallah kedepanya juga seperti itu.

    Intinya hidup itu melakukan yang terbaik dan selalu beristifar, karena kita (manusia) selalu melakukan kesalahan baik yg disengaja ataupun yg tidak :D

    BalasHapus
  2. Apa ini berlaku untuk kami, para wanita Om Todi? Menarik, mnrt saya diuis k 40 insya Allah para lelaki sdh pd brmhtangga, meniti karir dsb. Namun trnyta di sinilah seseorg itu ditimbang2 amalannya.

    BalasHapus
  3. hitungan sederhana yang menarik kang Todi. walau sederhana juga, terkadang memang dengan pendekatan logika sederhana seperti ini, yang bisa lebih nancep di hati ....



    BalasHapus
  4. saya pernah mendengar quote itu dari guru SMA saya yang pada hari itu berulangtahun ke 40.
    saya sendiri sih lebih suka quote "today my life begins" :)

    BalasHapus
  5. untuk urusan dunia, 40 mungkin saat untuk menikmati kejayaan-kejayaan yang telah diraih, berhasil tidaknya seseorang dilihat pencapaiannya di umur itu... :d

    BalasHapus
  6. Itung2an sederhana tapi bisa jadi renungan buat kita agar berbuat lebih baik untuk ke depannya ya bang :)

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

Creative Commons License
All posted materials by MRATODI.NET is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.