A Moment at Ar Raudhah....

Senin, Juni 06, 2011 , , , 13 Comments

gambar dari sini
Assalamualaikum wr wb sobat...

Jamaaaahhhh oh jamaah..**ala dai di TV** :D Kali ini saya mau berbagi moment yang saya dan keluarga ikuti tadi malam saat acara "Haul ke 6 Guru Sekumpul Martapura"...Mungkin ada yang sudah tau dan pernah dengar tentang beliau ??? atau bahkan malah belum pernah dengar sama sekali ??? Beliau ini merupakan salah satu ulama besar dan kharismatik, tak hanya di wilayah Kalimantan, saja tapi juga bahkan senusantara dan dunia lho... Saya sih kali ini ga akan berkisah panjang lebar tentang riwayat hidup beliau, kalo sobat penasaran dan pengen tau lebih lanjut, bisa searching aja di pakde gugel dengan keyword "Guru Sekumpul", pasti nemu banyak deh artikel tentang beliau...


Kembali ke acara haul tersebut, percaya ato ga acara ini di hadiri oleh ribuan orang yang berasal dari penjuru indonesia, bahkan menurut panita diantara yang mengikuti acara tersebut terdapat juga para habib dan syaik dari tanah suci Mekkah...  Acara dilaksanakan di langgar Ar Raudhah, langgar dimana dulu beliau sering memberikan tausiyahnya dan rencananya di mulai sesudah sholat maghrib sampai masuk waktu sholat isya, akan tetapi sejak tengah hari masyarakat sudah berduyun-duyun menuju langgar beliau...Saya sendiri beserta istri dan hanif berangkat sebelum masuk waktu ashar tiba, itupun hanya dapat kebagian tempat di halaman langgar...Asal sobat tau aja, sampe radius kurang lebih 1 kilometer dari tempat acara dilaksanakan, jalan-jalan ditutup dan dipenuhi jamaah yang tidak kebagian tempat..bahkan jamaah sampai memenuhi halaman-halaman rumah warga yang ada disekitar langgar..

suasana di halaman langgar-para jamaah sibuk mencari tempat
jamaah memenuhi jalanan menuju langgar
Layaknya acara haul seperti pada umumnya, acara ini diisi dengan senandung sholawat bagi baginda Rasululloh SAW dan mendendangkan Syair Maulid Habsyi.. Oya, menurut saya acara haul ini TIDAK ditujukan untuk mengkultuskan Guru Sekumpul tapi sekedar menunjukkan kecintaan terhadap para alim ulama dan sebagai pengingat agar kita senantiasa mempersiapkan diri dengan ibadah yang baik sebelum ajal menjemput...


salah satu sudut langgar Ar Raudhah
Selesai acara, jamaah pun melaksanakan sholat isha berjamaah..Saya yang baru sekali mengikuti acara haul ini berpikir bahwa akan acara telah selesai, ternyata saya salah..Para panitia pelaksana pun dengan cekatan membagikan bungkusan kotak kepada seluruh jamaah yang hadir...Saya yang juga turut kebagian kotak tersebut sempet penasaran juga apa sih isinya, setelah di buka ternyata kotak tersebut berisi nasi kuning dan semur daging...Eits ternyata saya salah lagi, itu bukanlah nasi kuning tapi NASI SAMIN... Uniknya lagi, makanan tersebut langsung disantap oleh para jamaah di tempat, dengan membentuk kelompok-kelompok kecil secara melingkar...tampak sekali atmosfir kesederhanaan dan kekeluargaannya..

suasana langgar saat malam menjelang
ini dia penampakannya - NASI SAMIN :)
Konsekuensi dari acara yang dihadiri oleh ribuan orang pada waktu yang bersamaan adalah kemacetan..Yak, ribuan orang serempak bubaran hendak menuju rumah masing-masing..Alhasil gara-gara macet jarak tempuh lokasi acara dengan rumah saya yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 10 menit saja, malam itu kami sampai memakan waktu sampai 1 JAM !!!! ***kasian umi hanif sama hanif...

saat acara usai...
Well, hanya segini yang bisa saya share ke kalian...mo ngomong apa lagi yak?? ##hah..perasaan dah banyak ngomong ampe ileran deh## pantun  aja deh...

si ateng bawa kayu..tenkyuuuu..

Considering blogging as a crosstime communication with our descendants| Have a nice blogwalking and please leave your comments if drop by

13 komentar:

  1. postingan kali ini berkisah tentang nasi samin ya mas todi...halah...wkwkkk... salam ya buat uminya hanif ama hanif...

    BalasHapus
  2. Om Todi di Banjarbaru? wahhh, akhirnya ada juga blogger deket Banjarmasin...

    cerita dong Om, kisah Guru Sekumpul.
    Jujur saya cuman tahu sedikit. nggak puas baca dari gugel, saya baru sekali ke Martapura ...ada di postingan yang lalu :)

    BalasHapus
  3. mas helmy pasti ttg makanannya doank yg di bahas...btw nasi samin memang mantap..^_^, dmn acara nya tuh kang tody ??

    BalasHapus
  4. @nitnot : waalaikumsalam wr wb sob :)
    @ajeng : iya, kami di banjarbaru... insya alloh lain waktu deh posting tentang beliau, hayu maen ke martapura :)

    @makcik tia : mang tuh kang nitnot, lagi laper terus kali..hehehe..oya, ini acara di adakan di langgar Ar Raudhah milik Guru Sekumpul di Sekumpul, martapura kalimantan selatan makcik :)

    BalasHapus
  5. wah..seneng banget kalo bs ngumpul jamaah begini, brasa ukhuwahnya ya mas:D

    AHA! foto makanan tetap mencuri perhatianku,hahahha....*makan aja lu nop:(

    BalasHapus
  6. nggak berani Om ke sana kalo sendirian, hehe.
    Saya ndak ada gabung blogger kalsel Om, emang ada ya Om?

    BalasHapus
  7. ooh kirain acaranya di mekkah sono.. heheh ternyata dikebun sendiri *halah.

    yup, ada beberapa yang malah justru dikultuskan, dan dianggap yang sangat penting, tapi toh akhirnya sama di mata Tuhan kecuali amalnya.


    tapi asyik juga tuh dapet makan.. hahaha *gratis

    BalasHapus
  8. hmm, sudah lama sekali tidak pernah ikut acara seperti ini.. saya rindu acara seperti ini, memperdalam islam, duduk dan makan bersama jamaah lain. hiks hiks.. kalo di aceh sih sering bgt T_T

    BalasHapus
  9. hehee... kirain di pulau jawa. Trnyata kalimantan. Salam dari cikampek, blogger yg nyasar ke kalimantan.

    BalasHapus
  10. hehee... kirain di pulau jawa. Trnyata kalimantan. Salam dari cikampek, blogger yg nyasar ke kalimantan.

    BalasHapus
  11. nggak berani Om ke sana kalo sendirian, hehe.
    Saya ndak ada gabung blogger kalsel Om, emang ada ya Om?

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html