Arti Sebuah Nama....

Senin, Februari 21, 2011 , , 17 Comments

"...Apalah arti sebuah nama? 
Sekuntum mawar akan tetap indah dan harum wangi jika tidak bernama mawar..."

Begitulah kira-kira salah satu kutipan dari Shakespeare (eh..bener gak ya tulisannya??)..
bagi saya sebuah nama mengandung makna tersendiri…Bahkan kalo ga salah ada sebuah hadist dari baginda Rasululloh SAW  yang menganjurkan kita untuk memberi nama anak-anak keturunan kita dengan nama yang baik lagi indah…(mohon maaf banget kalo salah n ga ingeet sumbernya...)

Dalam sebuah nama tersirat makna, harapan serta doa dibaliknya…
Nah,mangka dari itu (???), nama yang akan diberikan buat anak sangatlah penting buat kami, emak bapaknya…bahkan saking pentingnya, nama sudah lama disiapkan sebelum jagoanku hadir ke dunia..(lebay ga sih???)

tapi kalo ada yang pas nanya apa arti nama dari nama saya, terus terang aja saya juga ga  paham sodara-sodara…(kaco bener dah…)

Oke, sedikit mau ngebahas arti nama anak pertama saya ah...boleh kan?? (sapah juga nyang ngelarang??)..

 MUHAMMAD HANIF ARRASYID
pose colongan **masih ada coklat tuh di gigi kamu nak :p**

MUHAMMAD = Mengikuti nama baginda Rasululloh SAW, dengan harapan putra kami jadi insan yang selalu menauladani beliau dan mencintai beliau selalu, tingkah lakunya kelak selalu mengacu kepada tuntunan beliau...amien...

HANIF = Artinya yang Lurus, atau Terjaga
hmm kalo yang ini maksudnya agar jalan hidup putra saya ini lurus lurus aja dan selalu dijaga oleh Alloh SWT.... Jangan kaya abi nya, banyak tersesat di jalan yang benar (lho?? ini fitnah) :) 
 
ARRASYID = Cerdas, terinsiprasi dari nama seorang pemimping besar Islam, Harun Arrasyid... Semoga kamu  kelak jadi anak yang cerdas, pintar dan terbukakan selalu mata hati & pikirannya:)...amien ***usap2 muka berulang kali****


Mungkin suatu saat Hanif baca blog abinya ni, Hanif bakal paham ya maksud abi & umi kasih nama ini ke Hanif??

Bagaimana dengan arti nama kalian sendiri  kawan ???

Considering blogging as a crosstime communication with our descendants| Have a nice blogwalking and please leave your comments if drop by

17 komentar:

  1. subhanallah, memberi nama yang baik memang menjadi sebuah kewajiban orang tua untuk anaknya.. bukankah rasul juga menyuruh kita untuk memanggil dengan nama yang disukai?

    BalasHapus
  2. Saya suka nama hanif, Mas. Eh iya, perkara cari nama ini seru ya kita memikirkannya? Karena nama akan dipake anak seumur hidupnya. Saya mo share ttg nama kedua anak saya dan artinya jg ah, ngikutin mas Todi. boleh kan? makasih ;)

    BalasHapus
  3. @kang Gaphe : betul kang...selain yang disukai juga harus punya arti yang baik...

    @mbak rifka : monggo mbak..saya ma hanif tunggu lho ceritanya tante rifka..makasih ya :)

    BalasHapus
  4. subhanallah,, nama dari orant tua adalah doa.. semoga hanif kelak ketika dewasa selalu menjadi pribadi yg mengikuti tauladan dan sifat rasul, cerdas, lurus, subhanallah..nama dan arti yang bagus! jempol unt. abi hanif n umi hanif;)

    BalasHapus
  5. aku ga setuju sama ungkapan "apalah arti sebuah nama" karena emang bener orang tua ngasi nama ke anaknya pasti ada maksut dan tujuannya.

    suka deh arti namanya dede hanif. eh iya, nama aku juga ada artinya lo bang. aku 3 sodara namanya ampir sama, ikmalia, amelia, adelia. karena LIA ada artinya, Love Ida Achmadsyah. nama mamah papah aku, hehe... emang sih bukan doa, tapi mungkin itu harapan mereka supaya anak-anaknya bakal sayang sama orang tuanya sepanjang hidupnya nanti.

    BalasHapus
  6. kalo kata mama, nama adalah doa. jadinya anak2nya di doa-kan setiap namanya dipanggil :D

    BalasHapus
  7. @mbak dee : amin allohumma amin :)

    @Chanchan : harapan itu kan beda2 tipis dengan doa (menurut saya lho) :)..tapi unik, tiga bersaudara namanya hampir mirip...mungkin hanif kalo punya adik cewek namanya bakal hanifah (halah ga kreatif..hehe)

    @mbak mutmut :) :setuju dengan mamanya mbak mutmut.. iseng2, coba hitung sudah berapa kali doa yang sudah kita panjatkan kalo kita manggil nama anak kita seumur hidup?? ckckckck...:)

    BalasHapus
  8. waaaah ternyata namanya mirim nama sayaaa
    Rama Prima Mufti "Al-Rasyid"

    Ahaahaha mau dong dianggap anak eheheeee, becanda yaa Hanif :) Tapi kita satu marga lhoo

    BalasHapus
  9. namanya bagus sekali, sebuah kombinasi doa dan harapan yang cerdas.
    Semoga Hanif menjadi anak yang soleh, pintar dan berbakti kepada orang tuanya dan selalu hidup dalam lindungan dan ridha Allah SWT, amin.

    BalasHapus
  10. itu foto udah lama yah om? :)

    BalasHapus
  11. Salam sahabat
    Arti sebyah nama semiga juga memberikan inspirasi dengan menjadi nyata ,maaf telat ya

    BalasHapus
  12. @bunga :amin..makasih ya

    @free : hmmm...memang relatif sih gan, tergantung sudut pandang masing2..

    @John : itu foto lumayan baru ko john...:)

    @mbak dhana : gpp mbak, seneng mbak bisa mampir n kasih komen :)

    BalasHapus
  13. singgah;) waiting for update!

    BalasHapus
  14. ouh begitu yah
    tadi saya di home ketemu gambar kodok :P
    kayaknya dari image shack itu :)

    BalasHapus
  15. namanya bagus sekali, sebuah kombinasi doa dan harapan yang cerdas.
    Semoga Hanif menjadi anak yang soleh, pintar dan berbakti kepada orang tuanya dan selalu hidup dalam lindungan dan ridha Allah SWT, amin.

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html