Surabaya yang saya tau....

Senin, Desember 06, 2010 , 15 Comments

Assalamualaikum sobat semuanya..wah berasa lama banget kayanya ga posting lagi...Ini semua gara-gara kesibukan  mengejar deadline tugas-tugas kampus plus proposal thesis yang harus segera masuk di minggu-minggu ini..pfuih... Ga terasa sudah setahun lebih saya berdiam di Surabaya, rasanya udah homesick banget, udah kepengen cepet-cepet pulang...
Sebagai seorang anak rantau di tanah orang, wajib dan kudu hukumnya untuk tahu seluk beluk daerah yang didiaminya... Sayangnya dalam jangka waktu kurang lebih setahun belum banyak tempat yang bisa saya jelajahi... Tempat yang saya maksud disinipun bukan terbatas tempat rekreasi atau tempat wisata, tetapi tempat-tempat yang biasa saya kunjungi kalo ada keperluan anak kost (atau bapak kost ya? kan saya dah punya anak juga? hmm..) yang mendesak..So inilah Surabaya yang saya ketahui



BLAURAN
Kalo tempat yang satu ini sering saya kunjungi buat hunting buku-buku untuk literatur..Hampir semua jenis buku topik bisa ditemukan disini dengan harga yang relatif miring tapi kualitasnya lumayanlah. Rata-rata kualitas buku disana itu buku ASPAL (asli tapi palsu)..tapi banyak juga buku yang ASBEK (asli tapi bekas)..Tapi yang parah itu buku UPALBEKPUL (udah palsu bekas pula...(maksa ya?))...Aniwei, enak juga sih hunting buku di Blauran, soalnya abis itu bisa nyebrang ke BG Junction buat santai-santai..:D
KAPASAN
Kalo tempat yang satu ini mirip SOGO Jongkok nya di Jakarta... Puluhan pedagang emperan membuka lapaknya di sepanjang jalan Kapasan, sehingga bisa memakan 2 dari 4 jalur jalan raya. Yang dijual oleh pedagang-pedagang itupun bervariasi dan kebanyakan memang barang bekas atau barang second... Mulai dari obeng, palu,  tv, printer, mesin tik sampe ada yang jual treadmile segala..wuih...pokoe lengkap deh.. Saya sendiri pernah nemu pedagang yang menjual kamera analog Pentax dengan kondisi yang masih OK dengan harga 250 ribu aja...ato lain waktu pernah saya melihat seorang pedagang menjual kamera yang biasa digunakan untuk videoshooting, iseng-iseng saya nanya dan ternyata kamera itu di bandrol seharga 465.000 perak aja...Tapi kalo mau beli barang-barang di kapasan ini, harus pandai-pandai nawar dan extra teliti, karena kalo ga salah-salah kita malah beli barang rongsokan beneran....resiko deh...

PASAR GENTENG KALI
Nah tempat yang satu ini sering saya tuju kalo lagi pengen cari barang-barang elektronik dengan harga murah meriah...Tempo hari pernah saya beliin speaker portable buat kawan saya hanya dengan harga Rp. 475.000, tapi tentunya dengan proses tawar-menawar dulu.. Lain waktu pernah saya melihat sebuah DVD Player portable di bandrol seharga Rp.215.000 (kayanya masih bisa nego tuh...)... Ga cuma barang-barang elektronik yang siap pakai aja yang tersedia disini, kalo mau cari spare part atau suku cadang buat barang-barang elektronik juga bisa ditemukan disini.....

TUGU PAHLAWAN
Landmark kota Surabaya ini juga menawarkan keasyikan tersendiri untuk dijelajahi...Diluar kontroversi tentang tembok pembatas yang sedang hangat-hangatnya dibahas oleh Pemkot Surabaya, area tugu Pahlawan juga asyik banget buat tempat cuci mata, terlebih lagi di hari Minggu atau hari libur...Para pengunjung yang sekedar ingin jogging berbaur dengan lautan pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya. Plus tugu Pahlawan ini sering dijadkan tempat kumpul-kumpulnya komunitas komunitas tertentu, seperti komunitas sepeda onthel surabaya yang sering parkir dan nongkrong disana.. Memang jadinya crowded dan ribet banget...tapi itu yang menurut saya bikin asyik..

HI TECH 
Tempat yang satu udah jadi andalan saya kalo mau cari info tentang komputer, laptop ataupun peripheral lain dengan harga yang relatif murah...Ehmm..sebenarnya sih saya ke sini karena lokasinya yang emang deket dengan kostan kami juga..hehehehe...Aniwei, ini tempat menurut saya emang paling cocok deh kalo mau hunting laptop, komputer, printer atau segala pernak-perniknya deh...Apalagi kalo lagi ada even pameran, makin banyak pilihan yang bisa dilihat, makin bersaing pula harga-harganyanya...cuma yang bikin saya heran, kan namanya Hi Tech (technologi tingkat tinggi), tapi ko suasana di dalammnya (khususnya di lantai dasar) itu ga mencerminkan ke Hi Tech annya....weh weh weh....

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa di jelajahi di Surabaya, dan saya yakin sobat-sobat sekalian ada yang lebih tahu dari saya....Jika ada yang kurang tepat, mohon koreksinya ya sob...atau ada masukan tempat-tempat asyik lainnya di Surabaya??

Considering blogging as a crosstime communication with our descendants| Have a nice blogwalking and please leave your comments if drop by

15 komentar:

  1. hmmm....kira2 kalo ada turis butuh guide, mao ga jadi guidenya?

    BalasHapus
  2. @ mbak rifka : kalo ada yang mau di guide-in, moggo aja mbak, tapi resiko nyasar tanggung sendiri ya? xixixixi...

    BalasHapus
  3. wah..wah sajak'e dah betah di surabaya, dah puter2 surabaya hehe jadi pengin juga neh keliling sana.. sukses Abi Hanif!

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    wah surabaya yang saya tahu makin siip mas 3 tahun yang lalau karena saya belum pulang malahan hehehe

    BalasHapus
  5. @mbak dee : hayo..ditunggu keliling-keliling surabayanya :)

    @mbak dhana : wah kaya bang toyib nih, 3x puasa 3x lebaran ga pulang-pulang..xixixi...

    BalasHapus
  6. masih ada yg kurang tod ...
    1. Pantai Ria Kenjeran
    2. Jembatan Suramadu
    3. Kebun Binatang Surabaya
    4. Taman Hiburan Rakyat ( Taman Remaja Sby )
    5. Monumen Kapal Selam
    6. Masjid Agung Surabaya
    7. Tunjungan Plasa dan Surabaya Plasa
    8. Pusat Hand Phone WTC dan Sarinah Plasa
    9. Ciputra Waterpark
    10. Ciputra G-walk di Pakuwon Trade Center
    11. Pusat Grosir di DTC dan Pasar Turi
    12. Giant Hypermart dan Royal Plasa
    13. Bumi Perkemahan Jurang Kuping
    14. Taman Bungkul
    15. Wisata Religi Sunan Ampel
    16. Masjid Miniatur China Cheng Ho
    17. Kampung China / Pecinan di Kembang Jepun
    18. Pusat Barang Bekas di daerah Demak
    19. Pub dan Karaoke di Hugos, Colour, Dll
    20. Discotik di Kowloon, Station, Dll
    21. Hutan Mangrove Di Wonorejo dan Rungkut
    22. Museum Mpu Tantular
    23. Dll ( masih banyak lagi )

    BalasHapus
  7. @ mbah bos : wuih lengkap bener infonya..thanx lho :) btw, ini link blog sapa?

    BalasHapus
  8. wah belum pernah maen2 ke surabaya nih...palingan cuma numpang lewat aja kalo mo pulang...hehe

    BalasHapus
  9. asswrwb...pas baca postingan aku mau tambahin lagi, e...tarnyata udah ditambahi cak Heru, wkwkkw.... ya udah ntar kpn2 kopdar ama Gaphe juga ya.....c u..

    BalasHapus
  10. Yah om Todi ke blauran nggak mampir ke rumah eyang aku deket situ. deket BG :D haha jadi promosi

    BalasHapus
  11. HI-Tech emang pusatnya om Todi :D jadi emang pas banget. Di situ tempatnya komputer , lepi dan sebangsanya. kalo pusatnya handphone di marina :D (tour guide)

    BalasHapus
  12. HI-Tech emang pusatnya om Todi :D jadi emang pas banget. Di situ tempatnya komputer , lepi dan sebangsanya. kalo pusatnya handphone di marina :D (tour guide)

    BalasHapus
  13. Yah om Todi ke blauran nggak mampir ke rumah eyang aku deket situ. deket BG :D haha jadi promosi

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html