Ayahanda KH. M. Djazouly Seman... - MRATODI

What i can share, i share

Senin, Agustus 09, 2010

Ayahanda KH. M. Djazouly Seman...

Kemarin, iseng-iseng saya sempatkan menonton acara pelantikan gubernur dan wakil gubenur Kalimantan Selatan terpilih di salah satu televisi lokal. Saat kamera sedang meliput acara tersebut, sekilas saya melihat sesosok wajah seseorang ulama yang saya kenal.

Beliau adalah KH. M. Djazouly Seman atau banyak yang menyebut beliau dengan sebutan Abah Anang. Rupanya kehadiran beliau dalam acara tersebut selain memang beliau merupakan ulama kharismatik di Tanah Banua, juga beliau turut memanjatkan doa untuk para pemimpin-pemimpin yang akan mengemban amanah umat tersebut.


Sekilas tentang Abah Anang
KH. M. Djazouly Seman yang lebih dikenal dengan sebutan Abah Anang, adalah merupakan ulama kharismatik di Kalimantan Selatan dan menjadi panutan para Tuan Guru di daerahnya. Ulama yang lahir di Martapura pada tanggal 8 Desember 1936
lalu ini merupakan putera Tuan Guru KH. Seman Kadir dan cucu keturunan ke 5 ulama besar Kalimantan KH. Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari, pengarang kitab Sabillal Muhtadin.

Ada yang menarik pada diri Abah Anang, tanda tanda kemampuan beliau dibidang agama, telah ditunjukannya sejak usia sangat dini. Ketika beliau sedang dalam pangkuan ibunda tercintanya yang sedang menyusui beliau, ketika itu baru berusia 2 tahunan, dimana disampingnya terdapat kakak beliau sedang mengaji. Tiba tiba beliau berucap membenarkan bacaan Alqur’an yang sedang dibaca oleh kakandanya.

Dalam berguru Agama Abah Anang tidak saja sekolah ulama di Batavia, tetapi juga banyak belajar dari para Habaib yang ada di Indonesia, diantaranya H. Abdul Kadir, H. Ismail Khatib termasuk Habib. Muhammad Bin Ali Al habsyi yang juga merupakan orang tua dan sahabat karib beliau, yaitu Habib Abdul Rahman Al Habsyi.

Saat ini beliau juga turut membina sebagai ketua dewan ulama di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqlal, disamping itu juga terdapat ulama kota Banjarmasin yang sangat dikenal yaitu KH. Husin Nafarin,MA, Lc, yang juga sebagai Imam Besar Mesjid Jami Banjarmasin.

Pada postingan kali ini saya juga hanya dapat berbagi beberapa gambar Ayahanda Abah Anang dari koleksi pribadi saya, semoga dapat bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap para alim ulama kita..Amin

foto kami dengan Ayahanda abah Anang saat akad nikah

pancaran wajah beliau yang teduh meneduhkan

Ayahanda Abah Anang saat menimang putra kami, Hanif di usia 3 bulan


sumber : www.al-istqlal.blogspot.com, & koleksi pribadi

4 komentar:

  1. semoga Abah Anang diberi umur panjang selalu dan dilimpahkan rahmat dunia akhirat ya mas...dan masih bisa ngliat hanif tumbuh besar...amiiin...

    BalasHapus
  2. hebat beliau pak, semoga cucunya bisa sehebat beliau kelak amalan dan akhlaknya.. Amiin

    BalasHapus
  3. wah....
    hebat deh.
    salam deh ama ayahanda abah anang..

    BalasHapus
  4. wah....
    hebat deh.
    salam deh ama ayahanda abah anang..

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

Creative Commons License
All posted materials by MRATODI.NET is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.