Jangan Salahkan Anak...

Jumat, Oktober 21, 2011 26 Comments

Bismillahirrohmanirrohim 

Setiap orang tua pastinya ingin yang terbaik buat anak-anaknya...

Segala daya dan upaya ditempuh guna memberikan pendidikan formil yang baik buat para anak..

Akan tetapi sebaik-baiknya pendidikan adalah yang berasal dan berakar dari perilaku orang tua sehari-hari..

Anak merupakan cerminan dari orang tua
Maka...

Jangan salahkan  anak bila ia jarang membalas panggilan orangtuanya, jika sang orang tua sendiri sering melalaikan panggilan Alloh SWT saat adzanNYA berkumandang...

Jangan salahkan anak bila ia berwatak keras dan mau menang sendiri, jika orang tua masih memupuk rasa ego dan bersifat keras pula...

Jangan salahkan anak bila kelak tak pandai mengaji, bila orangtuanya masih menjadikan Al-Qur;an sebagai hiasan pajangan di pojok lemari yang berdebu...

Jangan salahkan anak bila ia kelak kecanduan video games dan game online, bila orang tua juga masih sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi hanya sekedar untuk melihat infotainment dan gebyar musik hura-hura...

Jangan salahkan anak bila ia menjadi pribadi yang penakut, saat orang tua juga masih takut untuk mengaku salah dan mengucapkan kata maaf...

Jangan salahkan anak bila ia kelak lebih suka menghabiskan waktu  dengan oranglain dibanding keluarga, jika sedari dini orang tua tak pernah membiasakan untuk sholat berjamaah..


Anak pada hakikatnya adalah Investasi bagi orangtua, dan didalam investasi itu menempel tanggungjawab orangtua terhadap hak dan kewajiban sang anak...

Untuk anak-anakku, doakan kami para orang tua agar bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi kalian semua...

sumber gambar :tatieharyani.blogspot.com

Considering blogging as a crosstime communication with our descendants| Have a nice blogwalking and please leave your comments if drop by

26 komentar:

  1. like father like son :D

    tapi semoga mereka tidak meniru hal-hal buruk yang dilakukan orangtunya. amin :)

    BalasHapus
  2. Iya Betul kang...

    jangan salahkan anak..karena mereka mencontoh orang tuanya sendiri.,..

    saya melihat itu pada Daffa..walaupun bukan anak saya tapi sering melihat tingkahnya karena meniru dirikku..hihihi

    BalasHapus
  3. baru lagi..lebih simple n fresh! Jangan salahkan anak, melainkan selalu menjadi contoh yang baik untuk mereka.. Nice post Abi Hanif! Banyak belajar disini

    BalasHapus
  4. @Deeahzone : Alhamdulillah kalo ada yang bisa diambil manfaatnya..iya nih mbak, mo ganti template yang lebih simple n ringan aja..#eh ringan ga ya?

    BalasHapus
  5. Renungan buat para orang tua dan pelajaran berharga buat saya calon orang tua :)

    BalasHapus
  6. anak itu ibarat kertas putih...orangtuanya lah yang kelak menentukan kertas itu akan jadi seperti apa...

    BalasHapus
  7. wah bener banget tu bang,,
    BUAH JATUH TIDAK AKAN JAUH DARI POHONNYA hehe...

    disinilah letak beratnya tanggung jawab sebagai orang tua, mendidik dan memberikan contoh yang terbaik buat anak jika menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik...

    salam silaturrahmi bang... :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. @Kang Harjho 35: waalaikumsalam bang..bener kang, tak ada tanggung jawab yang ringan, apalagi menyangkut anak

    BalasHapus
  11. bener2 tulisan yg menentramkan hati.. jadi teringat ayah dan ibu dirumah yg selalu mengaji, menegakkan shalat berjamaah, baik hati dan lemah lembut. kangen mereka..

    BalasHapus
  12. memang buah jatuh tak jauh dari pohonnya

    BalasHapus
  13. bener banget om, semuanya memang bermula dari orang tua dan keluarga.. semoga kita bisa selalu menjadi panutan yang baik yaa om, kalo oom untuk anak-anak oom, kalo dhe untuk adek2 dhe.. hehe :D

    BalasHapus
  14. Orang tua yang baik, adalah orang tua yang memberikan contoh yang baik - baik untuk anak - anaknya... ^_^

    BalasHapus
  15. waduh... bener2 pukulan telak nih, melebihi telaknya pukulan myke tyson, jarang datang sekalinya datang kena jab, uper cut, long hook yang mematikan...
    btw syukron kang udh diingatkan...

    BalasHapus
  16. waaaah, pelajaran banget buat nanti kalo aku punya anak :')

    BalasHapus
  17. saya jadi inget satu quotes : anak tidak pernah salah.

    karena anak itu seperti lembar kertas putih.. akan jadi apa anak itu tergantung semua yang dikelilingnya.

    tugas yang disekelilingnya lah yang membentuk anak jadi lebih baik.

    (loh koq saya jadi berasa tua gini sih) hahaha

    bang, maaf yah lama nggak mampir.. belum sempet, sibuk sama kenyataan.

    BalasHapus
  18. Orang tua adalah cermin bagi anaknya..semoga do'a dan harapan Bang Todi di IjabahNya Amin...

    BalasHapus
  19. berarti sheno adalah cerminan dari ortu sheno? baiklah... :)

    BalasHapus
  20. orang tua adalah contoh bagi anak dalam keluarga.
    guru adalah contoh anak dalam badan pendidikan.
    pergaulan adalah contoh bagi anak dalah lingkungan.
    orang tua mesti tau bagaimana dan di mana anak harus di tempatkan , agar prilaku anak sesuai dengan yang di harapkan.

    salam sahabat...mari kita jalin silaturrahmi agar damailah dunia.
    silakan berkunjung ke sang pengembara pintu kami terbuka untuk semua.

    BalasHapus
  21. semoga saya bisa jadi ayah yang baik juga :)

    BalasHapus
  22. Wah..jadi Pengen Jadi Seorang Ayah.
    Nice Post

    BalasHapus
  23. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    apapun yang bisa kita lakukan lakukanlah sekarang .,.
    jangan buang waktu kamu sia2.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  24. nice post,,,
    kaya akan inspiratif...

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html