Ga mau lagi ketemu KD !!!

Rabu, Agustus 18, 2010 , 6 Comments


Wah, maksudnya apa ya judul postingan saya kali ini? ngebahas seputar kehidupan pribadi artis Kris Dayanti ya? atau pengalaman pribadi saya dengan mbak KD?? (ngarep.com)...

Sejak kapan nih blog saya ini jadi blog infotainment yang ngebahas tentang artis-artis? kayanya untuk yang satu ini saya ga berbakat deh (dan tidak berniat juga)... Jadi bagaimana nih?


Okelah kalo begitu, KD yang dimaksud kali ini bukan KD nya Kris Dayanti kok, melainkan singkatan dari Kejang Demam...

Kenapa Kejang Demam (KD) ? Ini dikarenakan beberapa hari yang lalu putra saya tercinta kembali terserang kejang demam, tidak tanggung-tanggung sampai dua kali dalam sehari dan dalam jeda waktu yang berdekatan. Alhasil Hanif pun kami putuskan untuk kami bawa ke Rumah Sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Apa sih Kejang Demam itu??
KD alias Kejang Demam atau Step (Stuip) banyak dialami anak balita yang memiliki sifat bawaan mudah mendapatkan gangguan kesehatan tersebut. Faktor risiko utama yang umum menimpa anak balita usia tiga bulan hingga lima tahun ini adalah demam tinggi (di atas 38 oC). Bisa diakibatkan oleh misalnya infeksi tenggorokan atau infeksi lain seperti radang telinga, campak, cacar air, dll. Yang paling mengkhwatirkan kalau demam tinggi tersebut merupakan gejala peradangan otak, seperti meningitis atau ensefalitis.

Wujud kejang dapat pula berupa mata berbalik ke atas disertai kekakuan atau kelemahan. Atau, terjadi gerakan sentakan berulang tanpa didahului kekakuan.

Serangan pada umumnya timbul pada awal kenaikan suhu tubuh dan berlangsung kurang dari 10 menit. Kejang seluruh tubuh ini akan berhenti dengan sendirinya setelah mendapat pertolongan pertama. Setelah itu anak tampak capek, mengantuk, dan tidur pulas. Begitu terbangun kesadaran sudah pulih kembali.

Untuk mencegah serangan pada seorang anak dengan bawaan kejang demam, begitu anak mengalami demam yang terpenting secepat mungkin usahakan turunkan suhu badannya, dengan cara memberi obat penurun panas atau kompres. Selain itu perbanyak minum air putih.
 
Tips Seputar Kejang Demam
Jika kebetulan ada anak, keponakan atau saudara anda yang masih balita terserang KD (tapi semoga tidaklah kawan), ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat kita berikan yakni:
1.  tempatkan anak pada posisi miring
2. lepaskan semua pakaian yang melekat ditubuhnya agar panas tubuh dapat terlepas
3. Jangan diberikan selimut tebal
4. Basuh dan kompres seluruh tubuh anak dengan kompres dengan air hangat suam-suam kuku,
5. Coba untuk selalu ajak bicara sang anak 
6. Biasanya anak yang terserang KD jari-jari tangannya akan mengepal dengan kencang, maka       usahakan buka jari-jemari anak agar tidak mengepal kencang.
7. Yang terpenting sambil berdoalah kepada Tuhan untuk keselamatan dan kesehatan anak kita.

KD sendiri umumnya terjadi kurang dari 5 menit, sangat penting bagi kita untuk memantau suhu badan sang anak untuk mencegah KD susulan. Saran saya juga segeralah bawa anak anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebenarnya di Internet banyak sekali bertebaran informasi dan tips seputar KD ini diantaranya di sini dan di sini

 Oke, jadi kesimpulan saya, saya ga mau lagi Hanif ketemu KD !!!

sumber: pengalaman pribadi, keluargasehat.wordpress.com, rahmatmu.wordpress.com 

Considering blogging as a crosstime communication with our descendants| Have a nice blogwalking and please leave your comments if drop by

6 komentar:

  1. wah...makasih neh dah share tips nya unt mengatasi KD!

    BalasHapus
  2. jyaaah kirain KD yang itu, ternyata eh ternyata....

    BalasHapus
  3. Weh, judulnya fenomenal inih... jadi berhasil nyangkut disiniiih.. hihihi...
    Sehat terus ya dek Hanif... jangan mau ketemu KD lagi... ^^

    BalasHapus
  4. Weh, judulnya fenomenal inih... jadi berhasil nyangkut disiniiih.. hihihi...
    Sehat terus ya dek Hanif... jangan mau ketemu KD lagi... ^^

    BalasHapus
  5. marlin samarta28 Jul 2011 19.03.00

    say no to KD, YES for DP :P

    BalasHapus

Silahkan bebas berkomentar asal sopan, bukan iklan ataupun spam (spam atau iklan akan saya delete)

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html